Tuesday, October 18, 2005

Nyambi, Mari Kita Nyambi

Beberapa waktu lalu adalah suatu aib bila ada mahasiswa yang nyambi bekerja, baik karena alasan tertentu, apalagi karena alasan ekonomi. Namun dengan adanya perubahan lingkungan bisnis yang sedemikian pesatnya sehingga menjadikan pasar tenaga kerja semakin kompetitif, maka hanya orang-orang yang mempuyai kapabilitas tinggi yang dapat memenangkan persaingan, memperoleh pekerjaan atau bahkan menciptakan pekerjaan.

Kapabilitas dan kompetensi haruslah dipersiapkan sebelum kita bertempur di medan persaingan dan saat yang tepat adalah ketika sedang di bangku kuliah. Pada masa kuliah ini, bekerja memang belum merupakan upaya untuk mencari nafkah tetapi untuk meningkatkan bargaining position kita di kemudian hari. Dengan nyambi bekerja dapat meningkatkan jiwa entepreneurship yang jarang sekali diasah secara formal di bangku kuliah. Tanpa semangat enterpreneurship, mustahil kita dapat memenangkan persaingan di segala bidang termasuk di pasar tenaga kerja.

Kalau mau jujur, sebenarnya sudah terlambat jika kita mulai bekerja setelah kuliah. Karena bekerja tidak harus secara formal dengan pergi ke kantor. Bekerja bisa dalam bentuk dan format yang lebih beragam. Menulis pada kolom surat kabar seperti ini, misalnya, itu juga bentuk lain dari bekerja, karena dari sana kita bisa mendapatkan penghasilan. Oleh karena itu bagi mahasiswa yang belum mempunyai kegiatan produktif di sela-sela waktu kuliah, jangan tunggu besok, mulailah bekerja sekarang kalau tidak mau dibilang kuno. ***

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home