Thursday, December 01, 2005

Ayo Kita Ngeblog!

Adik-adik suka menulis buku harian? Tentu semuanya suka menulisnya. Tetapi dimana biasanya buku harian itu adik-adik ditulis? Di buku agenda atau diary, bukan? Nah, sekarang adik-adk juga bisa menulis buku harian tidak hanya di buku diary, tetapi di intrenet. Di internet? Ya, di internet!

Buka harian di internet dikenal sebagai Blog. Sehingga kegiatan menulis buku harian di innternet sering siaebut dengan Blogging atau ngeblog. Nah, para penulis buku harian itu disebut sebagai blogger.

Jika diary yang kita tulis biasanya sifatnya sangat pribadi, sehingga jarang sekali orang lain dapat ikut membacanya. Jangankan orang lain, kakak kita pun kadangakala enggak bolwh ikut membacanya. Namun kalau di dalam blog menjadi lain. Blog sebenarnya adalah slah satu situs juga di dalam internet. Oleh karena itu siapa saja, semua orang dapat dengan mudah juga untuk mengunjungi situs blog kita dan membacanya.

Perbedaan lainnya dengan diary adalah, para pembaca blog kita boleh memberikan komentar terhadap segala cerita atau tulisan yang kita posting atau kita tulis di blog itu. Dengan demikian sangat mungkin terjadi dialog atau komunikasi diantara kalian para pemilik situs blog dan para pembacanya.

Lalau bagaimana kita bisa mempunyai situs blog sendiri di internet? Mudah sekali caranya.

Di internet banyak sekali situs yang menyediakan blognya secara gratis untuk kita gunakan. Salah satunya, kunjungilah situs internet http://www.blogger.com lalu jadilah salah satu anggota untuk mendapatkan akses. Jika adik-adik mengalami kesulitan, mintalah banuan kakak, ibu atau ayah untuk memandu atau membuatkan situs blog untukmu. Jika kuurang jelas, silahkan adik-adik ikuti langkah-langkah pembuatan situs blog pada kolom "Membuat Situs Blog".