Thursday, December 01, 2005

Gelang Solidaritas

Ditulis Oleh: Nabila Nastiti (9th)

Gelang karet ini memang sekarang lagi ngetren. Mungkin diantara teman-teman sekelas kita lebih banyak yang memiliki dan mengoleksinya daripada yang tidak.

Selain NIKE dan Adidas, produsen pakaian kasual Giordano juga membuat baller id. Karena telah bergeser menjadi gelang solidaritas, maka tulisan di permukaannya pun bisa macam-macam. Baller id Giordano antara lain bertuliskan Fun, Love, Imagine dan Respect dengan wwarna-warnanya yang sangat solid.

Ngomong-ngomong soal warna, warna gelang solidaritas ini juga punya arti khusus lho. Misalnya, warna kuning melambangkan solidaritas untuk penderita kangker. Warna putih melambangkan solidaritas untuk kemiskinan dan lain lain.

Di Indonesia salah satu gelang solidaritas yang paling banyak dicari adalah baller id warna merah dengan tulisan ?SOLIDARITAS KEBERSAMAAN?. Baller id ini harganya Rp 10.000 dan dibuat sebagai lambang kepedulian bagi pendidikan anak-anak Indonesia. Ada pula gelang warna orange dari Japfa dengan tulisan ?Kita Peduli? dan tidak ketinggalan dari Yayasan Jantung Indonesia dengan gelang biru yang bertuliskan ?I Love My Heart, Let it beat?. [nn]