Thursday, December 01, 2005

Baller Id, Gelang karet yang Trendy

Ditulis oleh: Nabila Nastiti (9th)


Tahukah teman-teman apa itu baller id?

Kalau diantara teman-teman masih ada yang belum tahu, jangan berkecil hati. Karena memang masih banyak diantara kita yang belum tahu nama baller id, meskipun kita sudah memiliki dan memakainya. Bahkan banyak lho kakak-kakak kita yang sudah memakai ternyata juga belum tahu namanya, apalagi makna yang terkandung didalamnya.

Kalau saya sebutkan gelang karet yang berwarna-warni cerah, lebarnya kira-kira 1 cm, ada dan terkadang ada yang bisa bersinar di tempat gelap, tentu teman-teman tahu gelang karet apa yang saya maksudkan itu. Ya, gelang karet itu namanya baller id. Saya yakin, teman-teman pasti sudah banyak yang memiliki dan mengoleksinya.

Mengapa gelang karet (rubber wristband) ini disebut baller id? Awalnya, gelang karet ini memang dibuat di Amerika sebagai identitas (id) bagi para pemain bola (baller), dalam hal ini pemain bola basket.

Baller id ini pertama kali dibuat oleh produsen perlengkapan olahraga NIKE dan dipakai oleh para pemain bola basket yang disponsorinya. Karena semakin lama semakin ngetren dan menjadi ciri khas para pemain basket, maka Adidas juga ikut memproduksinya untuk identitas para pemain basket yang disponsorinya. Di kalangan atlet, saat ini baller id tidak hanya digunakan sebagai identitas para pemain basket, para pemain tenis dan sepakbola pun banyak pula yang telah mengenakannya.
Mungkin karena bentuknya yang manis dengan warna-warnanya yang sangat cerah dan ada model tertentu yang dapat bersinar di tempat gelap, menjadikan baller id ini cepat digemari di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tidak cuma di kalangan anak-anak seperti kita, banyak orang dewasa juga memakainya. Tak ketinggalan para artis juga banyak yang pakai.

Teman-teman, baller id sekarang sudah tidak lagi sekedar menjadi identitas para pemain basket lho. Uniknya lagi, gelang karet ini sekarang telah bergeser maknanya menjadi simbol solidaritas sehingga disebut gelang solidaritas (charity wristband). Sehingga banyak digunakan oleh yayasan sosial untuk menggalang dana bagi kemanusiaan.

Sebagai gelang solidaritas, warna-warni baller id itu sekarang juga punya arti khusus lho teman-teman. Jadi tidak hanya sekedar untuk mempercantik bentuknya saja.

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu kan apa itu baller id. Kalau sudah tahu namanya, pahami juga dong arti masing-masing warnanya. Jadi kita tidak asal memakainya, tetapi juga tahu sejarah dan maknanya. [nn]