Wednesday, December 07, 2005

Penakut

Apakah anda seorang pemberani? Atau malah penakut?

Pemberani maupun penakut adalah satu pilihan yang mesti diambil. Dan pilihan ini adalah selalu meniadakan lainnya. Jika anda mengambil posisi sebagai penakut, maka sangat tidak mungkin saat itu juga anda menjadi seorang yang pemberani. Demikian juga jika anda memilih menjadi seorang pemberani, maka sangat mustahil pada saat yang bersamaan anda menjadi seorang yang penakut.

Pilihan sebagai pemberani ataupun penakut, sesungguhya sah-sah saja kita lakukan. Karena ini adalah bagian dari konsekuensi hidup itu sendiri.

Apapun pilihan kita, baik berani maupun takut, sesungguhya merupakan pilihan yang sangat 'berani'. Bagaimana tidak, dengan mengambil salah stu pilihan, entah sebagai pemberani atau sebagai penakut, maka kita pun telah berani mengesampingkan pilihan lainnya. Pilihan ini tentu juga memiliki resiko di dalamnya.

Pemberani dan penakut sebenarnya sama saja. Keduanya sama-sama berdasarkan perhitungan dan pertimbangan. Baik berani atau takut yang dilakukan karena pertimbangan yang realistis, itu namanya hati-hati. Sedangkan para pemberani maupun para penakut yang ditempuh tanpa adaya pertimbangan yang realistis dan masuk akal, maka mereka sesungguhnya termasuk orang-orang yang nekat.